BLUE NOTE

by Andrew Panca

Blue note ini biasanya digunakan solo dari lagu Blues, ada 2 macam Blue Note. Ada yang Downing, ada yang Pattern. Untuk Blues aku tak begitu menguasai aku hanya tahu yang Downing kalo untuk Pattern aku hanya tau 1.

Pattern

Jadi pada dasarnya lagu Blues itu sebenarnya asalnya dari Pentatonic, diambil oleh orang negro kemudian ditambahin 1 nada (kata Guruku)

Downing blue note

Pentatonic Scale for Rock Song
by Andrew Panca

Sebenarnya Pentatonic Scale itu ada 2 pattern, sekarang aku bahas pattern 1. Pattern 1 juga di bagi lagi menjadi beberapa bagian untuk Rock tapi sebenar nya pembagian ini tidak harus di patok mati, tergantung dari improve kalian sendiri.

1. Lead Guitar Pattern 1
Bisa dimainkan di berbagai fret, dan tiap perpindahan fret pasti bentuknya sama. Saya kasih contoh di fret ke-1 mulai dari string 6 (di F) yang di bawah ini tuh fret bukannya tabulature.


Keterangan : (x) adalah nada kunci
Jadi kalau secara note F Ab Bb C Eb F
Maka dari itu disebut pentatonic karena
nada yang dipakai cuma 5

Bentuk akan terus sama tergantung kita ingin main dari G, A, B atau C Kalau di G jadi notenya : G Bb C D F G (biasanya untuk Solo/ Lead) Kalau di C jadi notenya : C Eb F G Bb C (biasanya untuk Licks) Dan sebagainya.

Seperti yang saya udah bilang tidak di patok mati C untuk Licks, G untuk Solo/ Lead, semua tergantung dari improve kalian masing2 termasuk Bend, Hammer, Pull-off, Vibrato. Tapi Licks sekarang mungkin sudah jarang disebut karena melebur dengan Lead

Kalau kalian mencipta lagu sendiri dan memerlukan Lead/ Solo, perhatikan pergantian pattern yang harus disesuaikan dengan Chord yang di gunakan sebagai rythm, jadi bisa dibilang perlu Sense of Music/ feeling.

– end of Blue Note

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: