BLUES GITAR UNTUK PEMULA – BAGIAN 3

Mempelajari Blues dari dasar di sini dalam pelajaran blues Michael Longs
Writted by Axeface – added the 8/30/2000
Diterjemahkan oleh hk, 20-sep-2002

Halo lagi dan selamat datang di bagian ke-tiga “Blues untuk Pemula”. Artikel terakhir mengetengahkan tiga hal utama: kunci-kunci berbeda untuk progresi (dengan table tangan nyata), dan chording & fingering baru. Artikel ini akan mencoba mengembangkan lebih lanjut ke dalam:

* permulaan solo, dan
* mungkin tambahan beberapa chord.

Permainan solo merupakan komponen utama dalam rekaman blues murni; dengar saja rekaman BB King atau John Lee Hooker dan kamu akan mengerti apa yang saya maksud. Permainan solo tersebut, beberapa waktu sangat kompleks dan susah dimainkan, berkutat pada sedikit aturan yang membolehkan kamu untuk membuat permainan solo yang lebih sempurna. Mari lihat yang berikut ini.

OK – dapat ditandai, adanya 5 bentuk utama yang digunakan untuk membuat permainan solo – bentuk-bentuk ini saling memandu/terkait (1 terkait 2, 2 terkait 3, 3 terkait 4, 4 terkait 5 dan 5 terkait 1 lagi, sepanjang oktaf). Ada beberapa variasi dalam bentuk ini, tapi untuk memulainya, kita hanya akan melihat tulang-punggung masing-masing.

(Catatan: ini semua dalam kunci A, jadi pindah berturutan)

Ini penting untuk dicatat bahwa bagian akhir nada dari masing-masing merupakan nada permulaan bagi berikutnya. Untuk memainkan ini, cukup mulai dari bawah (E bawah atau atring A) dari masing-masing bentuk, dan kemudian mainkan sesuai scale – naikkan string kemudian pindah ke berikutnya, naik ke berikutnya… sangat gampang. Dengan melangkah naik dan turun dalam pola alternate, kamu juga akan menaikkan kecepatan petikmua secara dramatis. Dalam masing-masing pola ini, juga ada nada yang dikenal sebagai ‘blues’ atau nada ‘blue’ – ini memberikan suara bluesy yang berbeda saat di-incororasi ke dalam pola (bagaimanapun, saya akan menambahkannya dalam artikel mendatang, dengan kata lain, mungkin akan jadi lebih banyak).

Jadi, sekarang kamu sudah punya bentuknya, bagaimana cara menggunakannya? Pertanyaan yang bagus! Untuk memulainya, ambil rekaman progresi blues dalam A (A umumnya kunci paling gampang untuk memulai, karena berada pada posisi di tengah neck, memungkinkan kita untuk main ke bawah atau ke atas neck). Cara baik untuk menemukan seperti di rekaman, buat aja sendiri – yang dibutuhkan hanya tape recoreder dan gitarmu, dan mainkan progresi ringan (seperti dalam artikel 2) main dan mainkan lagi hingga 10 – 15 menit (kamu pingin rekaman yang lama jadi kamu bisa mencoba ide-ide kamu).

Setelah direkam, mainkan. Petik gitarmu, dan mulai dengan bentuk utama (di atas). Mainkan sesuatu seperti suara permainan solo; tidak usah terlalu rumit untuk menjadi yang baik. Coba dengarkan suaranya dalam pikiran apa yang kamu pingin mainkan, dan coba mainkan dengan gitarmu.

Butuh banyak praktek untuk memainkan sesuatu seperti suara permainan solo, dan tidak mungkin diuraikan semua di atas(inilah yang tidak bisa ditulis – saya perlu menunjukkanya pada kamu, daripada menulis karena terlalu sulit untuk ditulis). Bagaimanapun, permulaan ini butuh sedikit kerja dan dengan cepat kamu akan dapat memainkan solo ini dengan mudah.

Jika kamu punya kesulitan dengan ide-ide di atas, coba temukan tab solo blues yang kamu tahu. Curi ide seseorang, kemudian ubah sesuai dengan buatan kamu sendiri.

Saya sudah akan menyertakan beberapa chord yang berbeda, tapi saya akan tunda hingga perjumpaan mendatang.

Dalam artikel mendatang akan ada trick dalam ber solo (bends, nada blue dll.) dan juga solo kreasi sendiri untuk kamu mainkan – saya akan coba untuk memberikan rekaman lampau untuk memulainya. Tapi untuk sekarang….nikmati aja dulu🙂 Coba mainkan beberapa solo dan progresi – Ini akan menjadi berharga pada akhirnya.

Juga, jika kamu udah menyerah, email saya, dan saya akan membantu kamu dengan sepenuhnya.

Sampai bulan depan – ayo di genjreng terus.

– End of Blues Pemula Part #3.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: